Rabu, 14 Mei 2014

TIPS MERUBAH RESOLUSI NOTEBOOK MENJADI 1366 X 768 YANG MENGGUNAKAN OS WIN 8

Assalamu alaikum wr.wb
Hai sobat blogger...
kali ini saya akan memposting tips merubah resolusi notebook (11 inchi) yang hanya 1024 x 600 menjadi 1366 x 768  (seperti resolusi layar 14 inchi).
Tips ini saya dapatkan dari teman kuliah saya. bagi saya tips ini sangat berguna saat saya menginstall Os windows 8 pada notebook saya karena saya banyak menggunakan aplikasi bawaan windows 8. Pada normalnya, ada beberapa aplikasi bawaan windows 8 yang tidak bisa dibuka dengan resolusi 1024 x 600, misalnya aplikasi pada startscreen windows 8 seperti foto, music, kalender, sosial dan sebagainya. ketika kita ingin membuka aplikasi tersebut maka akan ada peringatan untuk merubah resolusi laya menjadi 1366 x 768, padahal di notebook resolusi layar yang paling tinggi adaalah 1024 x 600. seperti pada gambar berikut !

gambar resolusi notebook saya :D
Peringatan  saat akan membuka aplikasi namun resolusi layar cuma 1024 x 600
Langsung saja cara merubah resolusinya gan :D

1. Tekan tombol windows + R kemudian ketik regedit kemudian OK
2. Maka akan muncul kotak dialog Registry editor
3. Cari HKEY_LOCAL_MACHINE / SYSTEM / Current Control Set / Control / Class / {4D36E968-E325-11CE-BFC1-08002BE10318} / 0001
4. Buka DWORD : Display1_DownScalingSupported ganti value jadi 1

klik 2 x pada Display_DownScallingSupported untuk mengganti value
5. Restart Notebook agan kemudian masuk kembali ke Screen resolution (resolusi layar dan ubah menjadi 1366 x 768 )
6. kalau ingin mengembalikan resolusi seperti semula ulangi langkah 1-4 kemudian ganti value menjadi 0

catatan : Tidak berlaku untuk notebook yang menggunakan processor AMD dan Intel yg berlabel HD

semoga bermanfaat ^^

14 komentar:

Unknown mengatakan...

Maksimal setelah dirubah nb ku resolutionnya 1152x864
Caranya gmn resolution sampe 1280x720

Novan Zn Zzambakky mengatakan...

ada kok mas list pilihan resolusinya...tinggal pilih 1280 x 720

Candra kurnia mengatakan...

sama saya jga mentok sampe 1152×864

James Aldorf mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
James Aldorf mengatakan...

di win7 ga relevan ya bro?

Unknown mengatakan...

kok gk bisa

Unknown mengatakan...

muchas gracias, lancar jaya langsung muncul resolusi 1366 x 768 di win 8.

mengatakan...

kok Display1_DownScalingSupported gk ada

BELAJAR BELAJAR! mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

saya kok g ada tulisan Display1_DownScalingSupported?

Unknown mengatakan...

Thanks bro. untuk kasus saya ketika di DWORD. angkanya saya input "2". Pas di restart, Done.
Salam,

mukhlisin mengatakan...

mantaf ilmunya gan

LOVELYZ TRILOGY mengatakan...

siap min, makasih banyak sudah share
solder uap tangan

azzam mengatakan...

mau tanya ubah resolusi 1366x768 krena vga bawaan rusak gimana ya?

Posting Komentar